Yang Baik atau Paling Baik?

mu130525_good_best

 

 

”….. jika engkau ke kiri, maka aku ke kanan, jika engkau ke kanan, maka aku ke kiri.” (Kejadian 13:9).

SEGERA setelah Anda mulai menghayati kehidupan iman kepada Allah, maka berbagai  pilihan dan kesempatan yang mempesona dan memuaskan secara jasmani segera terbuka di hadapan Anda.

Itu semua adalah hak Anda. Tetapi jika Anda mau menghayati kehidupan iman maka Anda harus merelakan hak Anda, dan membiarkan Allah membuat pilihan untuk Anda.

Allah kadang-kadang mengizinkan Anda mengalami pencobaan. Jika Anda tidak hidup dalam iman, soal kesejahteraan bagi Anda adalah hak dan sesuatu yang sepatutnya menjadi pertimbangan. Akan tetapi jika Anda hidup dalam iman, dengan senang hati Anda akan melepas hak Anda dan membiarkan Allah menentukan pilihan bagi Anda.

Inilah disiplin yang digunakan Allah untuk mengubahkan yang lahiriah menjadi yang rohani melalui ketaatan pada suara-Nya.

Bila soal hak kita buat menjadi faktor penentu hidup kita, maka hal itu akan mengaburkan pandangan atau wawasan rohani kita. Musuh terbesar dari hidup iman kepada Allah bukanlah dosa, melainkan pilihan-pilihan baik yang sebenarnya tidak cukup baik. Yang baik selalu menjadi musuh yang terbaik.

Dalam nas diatas, agaknya tindakan paling bijaksana bagi Abram untuk dilakukan adalah melakukan pilihan. Itu adalah haknya, dan orang-orang sekelilingnya menganggapnya bodoh karena tidak memilih.

Banyak di antara kita tidak terus bertumbuh secara rohani karena kita lebih suka memilih berdasarkan hak-hak kita, bukannya bergantung pada Allah membuat pilihan itu bagi kita.

Kita harus belajar hidup menurut tolok ukur pandangan yang terpusat kepada Allah. Dan Allah berkata kepada kita, seperti yang dikatakan-Nya kepada Abram, “…hiduplah di hadapan-Ku … ” (Kejadian 17:1).

 

Alkitab setahun: 1 Khronika 22-24; Johanes 8:28-59

mu160525

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s