Usaha “Memperoleh Hidup”

 

Kalau kamu tetap bertahan, kamu akan memperoleh hidupmu. ” (Lukas 21:19)

BILA seseorang dilahirkan kembali, ia tidak akan  mempunyai vitalitas pemikiran atau penalaran yang sama seperti sebelumnya. Kita harus belajar mengekpresikan hidup baru ini dalam kita, dengan “menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus” (lihat Filipi 2:5).

Yang dimaksudkan ayat Lukas 21:19 diatas, kita berusaha memperoleh hidup kita melalui kesabaran. Akan tetapi, banyak di antara kita lebih suka tinggal di pintu masuk kehidupan Kristen ketimbang berjalan terus untuk membangun hidup kita sesuai dengan hidup baru yang telah ditaruhkan Allah di dalam diri kita. Kita gagal karena ketidaktauan kita akan cara Allah membentuk kita, dan kita menyalahkan iblis untuk hal-hal yang sebenarya merupakan akibat sikap kita sendiri yang tidak disiplin. Pikirkanlah betapa bodohnya kita bila kita dibawa melihat keadaaan kita yang sebenarnya dalam kebenaran-Nya!

Ada hal-hal tertentu dalam kehidupan yang tidak perlu kita doakan – mood atau suasana hati, misalnya. Kita tidak pernah dapat menyingkirkan suasana hati melalui doa, tetapi itu dapat kita lakukan dengan mendepaknya keluar dari hidup kita. Suasana hati hampir selalu berakar dalam situasi lahiriah tertentu, bukan dalam batin kita.

Merupakan perjuangan bersinambungan untuk tidak mendengarkan suasana hati yang timbul sebagai akibat dari keadaan lahiriah kita; jangan sekali-kali tunduk atau mendengarkannya meskipun hanya sekejap. Kita harus bangkit berdiri, kemudian kita akan mendapati bahwa kita dapat melakukan apa pun yang semula kita yakin tidak dapat melakukannya.

Masalahnya mengapa kita selalu gagal, karena kebanyakan kita tidak mau melakukannya. Kehidupan Kristen adalah perwujudan keteguhan dan tekad rohani dalam diri kita.

 

Alkitab setahun: 1 Khronika 10-12; Johannes 6:45-71

mu160520

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s