Tugas Pelayanan dan Perdamaian “Dengan Saudaramu”

“….jika engkau… teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau..” (Matius 5:23).

AYAT ini menyatakan, “...jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau...”’ Ayat tersebut tidak berbunyi,  “Jika engkau menyelidiki dan mendapati sesuatu sebagai akibat dari kepekaanmu yang tidak seimbang,” tetapi, “Jika engkau… teringat…” Dengan kata lain, jika Roh Allah menyadarkan sesuatu dalam pikiran Anda, “. ..pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu” (Matius 5:24).

Jangan sekali-kali menolak kepekaan yang intens dari Roh Allah di dalam diri Anda bila Dia memberi petunjuk kepada Anda sampai hal yang serinci-rincinya.

Pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu……” Petunjuk Tuhan kita sederhana: “Berdamailah dahulu…..” Dengan kata lain, apa yang hendak Dia katakan, “Kembalilah ke jalanmu, jalanilah jalan yang ditunjukkan kepadamu oleh penginsafan yang diberikan kepadamu dalam doamu; ambillah sikap dalam pikiran dan jiwamu terhadap orang yang bermasalah denganmu yang menciptakan kerukunan sewajar bernapas.” Yesus tidak menyebutkan orang lain itu — Dia menyuruh Anda untuk pergi menemuinya. Ini bukan soal hak Anda bagaimana.

Tanda yang benar dari orang percaya ialah bahwa dia dapat melepaskan hak-haknya sendiri dan mentaati Tuhan Yesus.

 “….lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu.” Proses perdamaian itu disebutkan dengan jelas. Pertama-tama kita mempunyai semangat heroik mengorbankan diri, kemudian datang teguran oleh kepekaan Roh Kudus, dan selanjutnya kita sampai pada titik keinsafan diri. Hal ini diikuti oleh ketataan pada firman Allah, yang membangun suatu sikap atau itikad yang tidak menyalahkan orang yang dengannya Anda telah berselisih. Dan akhirnya ada penyembahan persembahan Anda kepada Allah, yang tidak terkendala dan penuh sukacita.

 

 Alkitab dalam setahun: Jesaya 1-2; Galatia 5

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s