Tabiat Tidak Menghakimi

mu130617_Mat 7 3

“Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi.” (Matius 7:1)

PERINTAH Yesus sehubungan dengan menghakimi orang lain sederhana sekali: Dia berkata, ” Jangan!

Rata-rata orang Kristen adalah pribadi yang suka mengkritik dengan pedas. Mengkritik boleh jadi suatu kegiatan biasa bagi orang-orang, tetapi dalam alam rohani tidak ada hasil yang dicapai dengan kritik atau kecaman. Dampak dari kritikan ialah melukai orang yang dikecam.

Roh Kuduslah satu-satunya Pribadi yang tepat untuk mengoreksi, dan Dia sajalah yang sanggup menunjukkan kesalahan tanpa menyakiti dan melukai.

Adalah mustahil untuk menjalin persekutuan dengan Allah bila Anda dalam suatu suasana hati suka mengkritik (critical mood). Roh kritik (criticism) cenderung membuat Anda kasar, membuat orang terluka, serta meninggalkan kesan bahwa Anda lebih hebat dari orang lain.

Yesus berkata bahwa sebagai murid-Nya Anda harus mengembangkan tabiat yang tidak suka mengkritik – the uncritical temper. Tabiat seperti ini tidak terbentuk seketika, tetapi harus berkembangkan sejalan dengan waktu. Anda harus terus waspada terhadap apa pun yang menyebabkan Anda menyangka bahwa diri Anda lebih hebat dari orang lain.

Tidak ada yang dapat luput dari penyelidikan yang menembus hati yang dilakukan oleh Yesus. Jika saya melihat selumbar kecil di mata Anda, itu berarti saya mempunyai balok di mata saya sendiri (lihat Matius 7:3-5). Setiap kesalahan yang saya lihat pada Anda, Allah menemukannya dalam diri saya. Setiap kali saya menghakimi, saya menyalahkan diri saya sendiri (lihat Roma 2:17-24).

Berhentilah memegang tongkat pengukur bagi orang lain. Ada selalu, paling sedikit ada satu fakta lagi, yang tidak kita ketahui, dalam situasi setiap orang.

Tindakan pertama yang dilakukan Allah ialah membawa kita pada suatu pembersihan spiritual yang menyeluruh. Setelah itu, tidak ada kemungkinan kesombongan yang tersisa dalam diri kita.

Hanya dengan memahami apa yang ada dalam diri saya bila terpisah dari anugerah Allah, maka saya mampu memahami dan tidak kehilangan kesabaran dan harapan akan seseorang yang saya temui.

 

Alkitab setahun: Nehemia 7-9; Kisah Rasul 3

mu160617

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s