Sifat Yesus dan Motif Kita

mu_160724_hidupbaru

 

“Jika kamu tidak melakukan kehendak Allah melebihi ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Surga.” (Matius 5:20)

KARAKTERISTIK seorang murid bukanlah bahwa dia melakukan hal-hal yang baik, melainkan bahwa dia memiliki motif yang baik oleh anugerah Allah yang adikodrati. Satu-satunya hal yang melebihi perbuatan benar adalah pribadi yang benar. Yesus Kristus datang untuk menaruhkan ke dalam diri seseorang yang memberi tempat bagi-Nya, suatu sifat baru yang mempunyai kebenaran melebihi kebenaran para ahli Taurat dan orang Farisi.

Yesus berkata, “Jika kamu adalah murid-Ku, kamu harus benar, bukan hanya dalam tindakanmu, melainkan juga dalam motifmu, aspirasi atau cita-citamu, dan di kedalaman angan-angan pikiranmu.” Motif Anda haruslah sedemikian murni sehingga Allah Yang Mahakuasa tidak dapat melihat sesuatu untuk menghardiknya.

(Tapi) Siapakah yang dapat berdiri dalam terang Allah yang kekal tanpa dapat dihardik-Nya? Hanyalah Putra Allah; dan Yesus Kristus menyatakan bahwa melalui penebusan-Nya Dia dapat menaruhkan sifat-Nya sendiri di dalam seseorang dan menjadikan orang itu semurni dan sesederhana seorang anak kecil.

Kemurnian yang dituntut Allah adalah mustahil kecuali saya dapat diciptakan kembali secara batiniah, dan itulah yang telah dilakukan Yesus melalui penebusanNya.

Tidak seorang pun dapat memurnikan dirinya dengan mematuhi perintah-peritah. Yesus Kristus tidak memberikan kepada kita aturan-aturan dan ketetapan-ketetapan — Dia memberikan kita ajaran-Nya berupa kebenaran-kebenaran yang hanya dapat ditafsirkan oleh sifat atau nature-Nya yang ditaruh-Nya di dalam diri kita.

Yang sangat menakjubkan dari keselamatan Yesus Kristus ialah bahwa Dia mengubahkan sifat yang melekat dalam diri kita sebagai akibat dosa warisan. Dia tidak mengubahkan sifat atau nature manusia — Dia mengubahkan sumbernya dan karenanya juga motif-motifnya.

Alkitab setahun: Mazmur 36-37; Kisah Rasul 25 

mu160724

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s