Berjaga-Jaga dengan Yesus (Bukan Untuk Yesus) – September 5

mu160505

 

“Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah dengan Aku” (Matius 26:38)

“BERJAGA-JAGALAH dengan Aku” — yang Yesus maksudkan disini, “berjaga-jagalah tanpa suatu sudut pandang pribadimu sama sekali, tetapi berjaga-jagalah sepenuhnya dengan Aku”.

Pada tahap awal kehidupan Kristen kita, kita tidak berjaga-jaga dengan Yesus, tetapi berjaga-jaga untuk-Nya – we do not watch with Jesus, we watch for Him: Kita tidak berjaga-jaga dengan Dia melalui kebenaran Alkitab yang dinyatakan dalam situasi hidup kita sendiri.

Tuhan berusaha memperkenalkan kita pada penyatuan dengan diri-Nya melalui pengalaman “Getsemani” kita sendiri. Akan tetapi kita menolak dan berkata, “Tidak Tuhan, aku tidak memahami hal ini, ini terlalu menyakitkan.”

Dan bagaimana mungkin kita berjaga-jaga dengan Seorang yang sedemikian tidak terpahami? Bagaimana kita akan memahami Yesus dengan baik untuk berjaga-jaga dengan Dia di Getsemani-Nya, jika kita tidak tahu untuk apa Dia menderita?

Kita tidak mengetahui cara untuk berjaga-jaga dengan Dia – kita hanya terbiasa dengan gagasan bahwa Yesus berjaga-jaga dengan kita.

Para murid mengasihi Yesus Kristus sebatas kemampuan lahiriah mereka, tetapi mereka tidak sepenuhnya memahami maksud-Nya. Di Taman Getsemani mereka tertidur karena dukacita mereka, dan di akhir tiga tahun dari hubungan mereka yang terdekat dan terakrab, mereka “semua ….meninggalkan Dia dan melarikan diri” (Matius 26:56).

“Lalu mereka semua dipenuhi dengan Roh Kudus ….” (Kisah Para Rasul 2:4). — Kata “mereka” mengacu pada orang-orang yang sama, tetapi sesuatu yang ajaib telah terjadi antara dua peristiwa ini:  kematian, kebangkitan Tuhan kita dan kenaikan-Nya; dan para murid kini telah “dipenuhi dengan Roh Kudus”. Tuhan kita telah berkata, “… kamu akan menerima kuasa bilamana Roh Kudus turun ke atas kamu….” (Kisah Para Rasul 1:8), dan ini berarti bahwa mereka belajar untuk berjaga-jaga dengan Dia sepanjang hidup mereka.

 

Alkitab dalam setahun: Mazmur 146-147; 1 Korintus 15:1-28

mu160905

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s