Sasaran Utama Seorang Hamba Tuhan

 

mu160317_sasaran_berkenankpdnya

 

Sebab itu juga kami berusaha, …….. supaya kami berkenan kepada-Nya” (2 Korintus 5:9)

PERKATAAN Paulus, ”Sebab itu juga kami berusaha” (Ing. ”We make it our aim” – Kami membuat itu tujuan kami), berarti dibutuhkan suatu keputusan dan usaha secara sadar untuk tetap mempertahankan sasaran utama didepan kita. Itu berarti kita menempatkannya sebagai prioritas tertinggi dari tahun ke tahun; artinya prioritas pertama kita bukan memenangkan jiwa, mendirikan gereja, atau mengadakan KKR, tetapi berusaha semata-mata ”agar berkenan kepada-Nya”.

Bukan karena tidak ada atau kurangnya pengalaman rohani yang membawa kita pada kegagalan, melainkan karena kurangnya usaha untuk memusatkan perhatian kita pada sasaran yang benar. Paling sedikit sekali seminggu ujilah diri Anda di hadapan Allah untuk memastikan apakah hidup Anda sudah memenuhi tolok ukur yang telah ditetapkan-Nya untuk Anda. Paulus adalah bagaikan seorang musisi yang tidak mempedulikan pendapat penonton, asalkan dia mendapat perkenan Dirigennya.

Sasaran apa pun yang membelokkan kita sedikit saja dari sasaran utama, yaitu “layak di hadapan Allah” (2 Timotius 2:15) mungkin akan mengakibatkan penolakan kita dari pelayanan lebih lanjut kepada-Nya.

Bila Anda mengenal arah sasaran, maka Anda akan memahami perlunya terus “mata tertuju kepada Yesus” (Ibrani 12:2). Paulus membicarakan pentingnya mengendalikan tubuhnya sehingga tidak akan membawanya ke arah yang keliru. Dia berkata, “Aku melatih tubuhku dan menguasainya, supaya… jangan aku sendiri ditolak” (1 Korintus 9:27).

Saya harus belajar mengaitkan segala sesuatu dengan sasaran utama, dengan memeliharanya tanpa interupsi atau gangguan.

Kepatutan/kelayakan saya bagi Allah di muka umum diukur oleh bagaimana saya sesungguhnya dalam hidup pribadi. Apakah sasaran utama saya dalam hidup adalah untuk berkenan kepada-Nya dan diterima oleh-Nya, ataukah kurang dari itu, betapa mulukpun kedengarannya?

 

Alkitab setahun: Ulangan 30-31; Markus 15:1-25

mu160317

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s