Rahasia dari Percaya (dan Ketaatan)

mu160718_bila tdk taat

 

“Jawab Saulus: ‘Siapa Engkau, Tuhan?’” (Kisah Para Rasul 9:5)

MELALUI mukjizat penebusan, Saulus dari Tarsus mendadak berubah dari seorang Farisi yang berpendirian-kuat dan keras menjadi seorang hamba Tuhan Yesus yang rendah hati dan penuh pengabdian.

Tidak ada sesuatu pun yang ajaib atau rahasia (misteri) mengenai hal-hal yang dapat kita jelaskan. Kita mengendalikan hal yang sanggup kita jelaskan, karena itu wajarlah untuk mencari penjelasan tentang segala sesuatu.

Bukanlah sesuatu hal yang wajar atau natural untuk taat. Tidak ada masalah dalam ketidak-taatan, ataupun suatu kebajikan moral dalam ketaatan, kecuali seseorang mengakui otoritas yang lebih tinggi yang memberikan perintah. Jika pengakuan ini tidak ada, bahkan orang yang memberikan perintah dapat memandang ketidaktaatan orang lain sebagai hak atau kebebasan orang tersebut. Seseorang hanya akan menjadi budak bagi ketaatan, kecuali di balik ketaatannya ada pengakuan akan Allah yang suci.

Banyak orang mulai datang kepada Allah setelah mereka berhenti sekedar beragama, karena hanya ada satu tuan bagi hati manusia yaitu Yesus Kristus, bukan agama. Akan tetapi, “Celakalah aku” jika setelah melihat Dia, masih tidak mau taat. (Yesaya 6:5, juga lihat ayat 1).

Yesus takkan pernah menuntut agar saya taat, tetapi jika saya tidak taat, maka saya telah mulai menandatangani surat kematian Anak Allah dalam jiwa saya.

Bila saya berhadapan langsung dengan Yesus dan berkata, “Aku tidak mau taat,” Dia tidak akan pernah memaksa. Akan tetapi, bila saya melakukan ketidak-taatan ini, saya menolak kuasa pembaharuan (recreating power) penebusan-Nya.

Tidak ada bedanya bagi kasih karunia Allah betapa buruk dan gagalnya pun saya, asalkan saya mau datang kepada terang. Akan tetapi, “Celakalah aku” jika menolak terang itu. (lihat Yohanes 3:19-21).

 

Alkitab setahun: Mazmur 20-22; Kisah Rasul 21: 1-17

mu160718

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s