Pengudusan (2): Sisi Kehidupan

mu_160723_pengudusan2

 

“Tetapi oleh Dia kamu berada dalam Kristus Yesus yang… telah.. menguduskan… kita.” (1 Korintus 1:30)

Sisi Kehidupan. Rahasia pengudusan ialah bahwa sifat-sifat Yesus Kristus yang sempurna diberikan sebagai karunia kepada saya, bukan secara perlahan-lahan, melainkan dengan segera setelah melalui iman saya memasuki kesadaran dan pengakuan bahwa Dia “menjadi bagi saya pengudusan”. Pengudusan tiada lain dari kesucian Yesus menjadi milik saya dan dinyatakan dalam hidup saya.

Rahasia paling ajaib dari penghayatan hidup suci tidaklah terletak pada tindakan menirukan Yesus, melainkan dalam mempersilakan sifat-sifat Yesus yang sempurna dinyatakan dalam kemanusiaan saya. Pengudusan berarti “Kristus di dalam kamu…” (Kolose 1:27 – KJV). Yaitu kehidupan ajaib Yesus yang diimpartasikan kepada saya dalam pengudusan — diimpartasi oleh iman sebagai karunia terbaik dari anugerah Allah.

Adakah saya sedia mempersilakan Allah membuat pengudusan nyata dalam saya seperti yang tertulis dalam firman-Nya? Pengudusan berarti impartasi kualitas kekudusan Yesus Kristus dalam diri saya. Ini merupakan pemberian kesabaran-Nya, kasih-Nya, kesucian-Nya, iman-Nya, dan kemurnian serta kesalehan-Nya yang diwujudkan di dalam dan melalui setiap jiwa yang dikuduskan.

Pengudusan bukanlah mengambil dari Yesus kuasa untuk menjadi suci, melainkan mengambil dari Yesus kesucian yang dahulu dinyatakan di dalam Dia, dan sekarang Dia menunjukkannya di dalam saya. Pengudusan adalah suatu impartasi, bukan imitasi. Imitasi atau peniruan adalah sesuatu yang sama sekali berbeda.

Kesempurnaan dari segala sesuatu ada di dalam Yesus Kristus, dan rahasia pengudusan ialah bahwa semua sifat yang sempurna dari Yesus tersedia bagi saya. Dengan demikian, dengan lambat tetapi pasti, saya mulai menghayati kehidupan tertib, sehat dan suci  yang tak terekspresikan — “… dipelihara dalam kekuatan Allah” (1 Petrus 1: 5).

 

Alkitab setahun: Mazmur 33-34; Kisah Rasul 24

mu160723

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s