Penguburan Manusia Lama Menuju Kehidupan Yesus Kristus.

mu150115_kematianmanusialama

 

Kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia… supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati … demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru” (Roma 6:4).

TIDAK seorang pun mengalami pengudusan sempurna tanpa menjalani “penguburan manusia lama” yang menandakan kematian kehidupan yang lama. Jika saat perubahan penting melalui saat kematian krusial ini tidak pernah ada, maka pengudusan hanya akan berupa impian yang tidak jelas. Harus ada “penguburan manusia lama”, yaitu kematian hanya dengan satu kebangkitan: kebangkitan kedalam atau menuju kehidupan Yesus Kristus.

Tiada ada yang dapat mengalahkan kehidupan semacam ini. Kehidupan yang telah menyatu dengan Allah hanya untuk satu maksud — menjadi seorang saksi bagi-Nya.

Sudahkah Anda benar-benar sadar akan ”hari-hari terakhir” Anda? Anda telah sering sadar akan hari-hari tersebut dalam pikiran Anda, tetapi sudahkah Anda sungguh-sungguh mengalaminya?

Anda tidak dapat mati atau pergi ke penguburan Anda dengan suasana hati yang penuh gairah! Kematian berarti Anda berhenti menjadi seperti orang Kristen yang Anda hayati sebelumnya, yang penuh usaha keras sendiri. Kita menghindar dari kuburan kita dan terus-menerus menolak kematian (manusia lama) kita. Hal itu tidak terjadi dengan usaha kita sendiri, melainkan dengan menyerah kepada kematian. Itulah kematian yang dimaksudkan sebagai “dibaptis dalam kematianNya” (Roma 6:3).

Sudahkah Anda menjalani penguburan manusia lama Anda, ataukah Anda sedang menipu jiwa Anda sendiri dengan kehidupan saleh? Adakah sudah suatu titik atau saat dalam hidup Anda yang dapat Anda tandai sekarang sebagai hari terakhir (hidup manusia lama) Anda? Adakah suatu titik atau tempat dalam hidup Anda yang dapat Anda kenang kembali dengan rendah hati dan rasa syukur yang tidak terhingga, dimana Anda dapat dengan jujur menyatakan, “Ya, pada saat itulah, saat penguburan kehidupan lamaku, dimana aku telah membuat keputusan dan mengatakan ”ya” pada  Allah.”

Karena inilah kehendak Allah: pengudusanmu...” (1 Tesalonika 4:3). Sekali Anda sungguh-sungguh menyadari bahwa inilah kehendak Allah, Anda akan menjalani proses pengudusan sebagai respon yang wajar atau natural.

Bersediakah Anda mengalami penguburan manusia lama sekarang? Setujukah Anda dengan Dia bahwa inilah hari terakhir Anda? Saat keputusan tersebut bergantung pada diri Anda sendiri.

 

Alkitab dalam setahun: Kejadian 36-38; Matius 10:21-42

150115

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s