Panggilan Pelayanan dan Penolakan

mu_160927_kesetiaan-pd-panggilan

 

berkatalah seorang … kepada Yesus: ‘Aku akan mengikut Engkau, ke mana saja Engkau pergi.” (Lukas 9:57)

Sikap Tuhan Yesus terhadap orang ini sangat melemahkan semangat orang muda tersebut, “sebab Ia tahu apa yang ada di dalam hati manusia” (Yohanes 2:25). Kita mungkin dapat berkata, “Aku tidak dapat membayangkan mengapa Yesus menyianyiakan kesempatan untuk memenangkan orang itu! Bayangkan sikap-Nya yang sedemikian dingin kepadanya dan membuatnya berbalik begitu putus asa!”

Jangan sekali-kali menyesali Tuhan. Kata-kata Tuhan melukai dan menyakiti sampai tidak ada lagi yang tersisa untuk dilukai dan disakiti. Yesus Kristus sama sekali tidak bersikap lembut terhadap apa pun yang akhirnya akan meruntuhkan seseorang dalam pelayanannya kepada Allah.

Jawaban Tuhan kita tidak berlandaskan pemikiran impulsif, tetapi pada pengetahuan “apa yang ada didalam hati manusia”. Jika Roh Allah menaruhkan dalam pikiran Anda sepatah kata dari Tuhan yang menemplak Anda, dapat Anda pastikan bahwa ada sesuatu didalam diri Anda yang Dia ingin Anda lepas dan mati daripadanya.

Lukas 9:58, “Serigala mempunyai liang dan burung mempunyai sarang, tetapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya.” Kata-kata ini menghancurkan argumen tentang melayani Yesus Kristus sebagai sesuatu hal yang menyenangkan. Dia akan membawa atau menunjukkan kepada saya sedemikian rupa untuk menyadari tidak ada yang tersisa dalam hidup saya kecuali Tuhan, diri saya dan rasa putus harap. Dia berkata bahwa saya harus membiarkan siapa saja datang atau pergi, dan saya harus dipimpin hanya oleh hubungan saya dengan Dia. Dan Dia berkata, “…Anak manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya”.

Lukas 9:59. Orang muda ini tidak mau mengecewakan Yesus, juga tidak ingin menunjukkan sikap kurang hormat terhadap ayahnya. Seringkali kita mendahulukan kesetiaan kita kepada kerabat daripada kepada Yesus Kristus. Bila kesetiaan Anda dihadapkan dengan konflik, selalulah mentaati Yesus Kristus berapapun harganya yang harus dibayar.

Lukas 9:61. Orang yang berkata, “Aku akan mengikut Engkau, Tuhan, tetapi…” , ialah orang yang sangat siap untuk pergi, tetapi tidak pernah pergi. Orang ini mempunyai keberatan atau syarat-syarat untuk pergi.

Panggilan Yesus yang sebenarnya tidak ada tempat untuk hal-hal lain yang akan mengalihkan kita dari panggilan itu. Begitu panggilan Alah datang kepada Anda, berangkatlah, pergilah dan jangan berhenti.

 

Alkitab dalam setahun: Jesaya 3-4; Galatia 6

mu160927

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s