Kekayaan dan Kepapaan – Nopember 28

mu_161128_kekayaaan dan kepapaan2.jpg

 

“...oleh anugerah telah dibenarkan dengan cuma-cuma... (Roma 3:24).

INJIL anugerah Allah membangkitkan suatu kerinduan yang mendalam dalam jiwa manusia dan juga suatu kemarahan dan kejengkelan, karena kebenaran yang dinyatakan tidaklah enak atau mudah untuk dicerna. Ada kesombongan tertentu dalam diri manusia yang menyebabkan mereka memberi dan memberi, namun untuk datang dan menerima pemberian adalah suatu hal yang berbeda.

Saya mau memberikan nyawa saya sebagai martir; saya akan menyerahkan diri saya untuk melayani – saya akan melakukan apa saja. Namun janganlah merendahkan sampai tingkat orang berdosa yang paling pantas masuk neraka dan jangan katakan kepada saya bahwa saya harus menerima anugerah keselamatan melalui Yesus Kristus.

Kita harus menyadari bahwa kita tidak dapat memperoleh atau memenangkan apa pun dari Allah lewat usaha kita sendiri. Kita harus menerimanya sebagai pemberian Allah atau tidak sama sekali.

Berkat rohani terbesar yang kita terima adalah ketika kita menyadari bahwa kita adalah seorang yang papa. Apabila kita belum sampai pada taraf tersebut, maka kuasa Tuhan tidak akan bekerja. Tuhan tidak dapat berbuat apa-apa bagi kita selama kita berpikir bahwa kita mampu dan sanggup.

Kita harus masuk dalam kerajaan-Nya melalui pintu kepapan. Selama kita masih “kaya”, khususnya dalam hal kesombongan atau kemandirian, Allah tidak dapat berbuat apa-apa bagi kita. Hanya ketika kita menjadi lapar secara rohani, maka kita akan menerima Roh Kudus. Pemberian sifat-sifat Allah dalam diri kita dilakukan dan dijadikan efektif oleh Roh Kudus. Ia memberikan kepada kita kehidupan Yesus yang membangkitkan, dan membuat kita benar-benar hidup. Ia mengambil apa yang “di luar jangkauan” kita dan menempatkannya “di dalam” kita. Dan dengan demikian yang tadinya “di luar jangkauan” kita telah berada “di dalam” kita, dan kita diangkat ke dalam kerajaan di mana Yesus tinggal dan bertakhta (lihat Yohanes 3:5).

 

Alkitab setahun: Jehezkiel 33 – 34; 1 Petrus 5

mu161128

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s