Mengambil Prakarsa Terhadap Pekerjaan Membosankan

mu160219_1kor6_19

 

“Bangkitlah, menjadi teranglah…” (Yesaya 60:1)

BILA sampai kepada urusan mengambil prakarsa terhadap pekerjaan membosankan, kita harus mengayunkan langkah pertama seolah-olah tidak ada Allah. Artinya, dalam keadaan seperti itu tidak ada gunanya menantikan Allah untuk membantu kita. Allah tidak akan membantu. Akan tetapi pada saat kita bangkit, maka segera kita mendapati Dia ada di sana.

Apabila Allah memberi kita ilham-Nya, lalu pengambilan prakarsa menjadi suatu masalah moral, yaitu masalah ketaatan. Artinya kita harus bertindak untuk taat dan tidak terus berbaring tanpa berbuat apa-apa. Jika kita mau ”bangkit dan menjadi terang ”, pekerjaan membosankan akan diubahkan secara ilahi.

Pekerjaan membosankan adalah salah satu ujian terbaik untuk menentukan keaslian karakter kita. Pekerjaan membosankan jauh dari apa pun yang kita anggap sebagai pekerjaan ideal. Pekerjaan membosankan boleh jadi berupa pekerjaan yang sangat berat, kasar, melelahkan dan kotor. Dan ketika mengerjakannya, kerohanian kita segera diuji dan kita akan mengetahui apakah kita benar-benar rohani atau tidak.

Bacalah Yohanes 13. Dalam pasal ini, Allah yang Menjelma (berinkarnasi) melakukan teladan terbesar mengenai pekerjaan membosankan: mencuci kaki para murid. Kemudian Dia berkata kepada mereka, “Jadi jikalau Aku, Tuhan dan Gurumu membasuh kakimu, maka kamu pun wajib saling membasuh kakimu” (Yohanes 13:14).

Dibutuhkan ilham Allah jika ingin terang Allah menyinari pekerjaan yang membosankan. Dalam beberapa hal, cara seseorang mengerjakan tugasnya membuat pekerjaan itu dikuduskan dan suci selama-lamanya. Hal itu mungkin berupa tugas sehari-hari yang sangat lazim, tetapi setelah kita melihat tugas itu diselesaikan, hal itu menjadi beda!

Bila Tuhan mengerjakan sesuatu melalui kita, Dia selalu mengadakan transformasi. Tuhan mengambil tubuh manusiawi kita dan mentransformasinya. Dan kini setiap tubuh orang percaya telah menjadi “bait Roh Kudus” (1 Korintus 6:19).

 

Alkitab setahun: Imamat 25; Markus 1:23-45

mu160219

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s