Menerima Fakta Dosa

mu140624_dosa fakta

 

“Tetapi inilah saat kamu, dan inilah kuasa kegelapan itu.” (Lukas 22:53)

TIDAK menerima fakta dosa, tidak mengakui dan menolak untuk berurusan dengan dosa, merupakan  sumber semua kerusakan dalam kehidupan. Anda boleh berbicara tentang keluhuran dari manusia (human nature), tetapi ada sesuatu dalam diri manusia yang akan menertawakan setiap ideal yang Anda punyai.

Jika Anda menolak untuk menerima fakta bahwa ada kebusukan dan pementingan-diri (self seeking), ada kerusakan dan kebencian yang teramat sangat dalam diri manusia, maka ketika hal itu datang menyerang hidup Anda, maka Anda akan berkompromi dengannya dan berkata bahwa tidak ada gunanya untuk memeranginya.

Adakah Anda telah memperhitungkan kehadiran “saat dan kuasa kegelapan” ini, ataukah adakah Anda mempunyai pandangan sendiri yang tidak mengakui kehadiran dosa ini sama sekali?

Bagaimana dalam hubungan sesama dan persahabatan Anda, adakah kau menerima fakta dosa?

Jika tidak, tidak perlu menunggu lama-lama, maka dengan segera Anda akan mendapati diri Anda terjebak dan akan berkompromi dengan dosa. Akan tetapi, jika Anda menerima fakta dosa, Anda akan menyadari bahayanya dengan segera dan berkata, ”Ya, aku paham akan makna dosa.”

Pengenalan akan dosa tidak merusak landasan persahabatan;  hal itu hanya akan mengukuhkan suatu pandangan satu sama lain bahwa landasan kehidupan berdosa membawa kerusakan. Selalulah waspadalah terhadap penilaian kehidupan yang tidak mengakui fakta bahwa dosa itu ada.

Yesus Kristus tidak pernah mempercayai sifat manusia, namun Dia tidak pernah bersikap sinis atau syak, karena Dia percaya sepenuhnya pada apa yang dapat dilakukan-Nya pada sifat manusia.

Seseorang yang suci (pure) adalah yang dilindungi dari yang jahat, bukanlah pribadi yang tidak bersalah (innocent). Seseorang yang disebut tidak bersalah tidak pernah aman dari yang jahat. Kita tidak ada urusan dengan menjadi tidak bersalah; Allah menuntut mereka suci dan berkebajikan.

Kemurnian adalah karakteristik seorang anak kecil. Setiap orang pantas disalahkan jika ia tidak bersedia menerima fakta bagi dirinya tentang dosa.

 

Alkitab setahun:  Ayub 1-2; Kisah Rasul 7:22-43

mu160624

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s