Mendengar Suara Panggilan Tuhan

 

mu150116_panggilan tuhan

 

Lalu aku mendengar suara Tuhan berkata: ‘Siapakah yang akan Kuutus, dan siapakah yang mau pergi untuk Aku?” (Yesaya 6:8).

BILA kita berbicara tentang panggilan Tuhan, kita sering melupakan hal yang terpenting, yaitu sifat (nature) Dia yang memanggil.

Ada banyak hal yang memanggil kita masing-masing saat ini. Sebagian dari panggilan itu ditanggapi, sedangkan lainnya bahkan tidak pernah terdengar oleh kita.

Panggilan adalah ekspresi dari sifat Dia yang memanggil, dan kita hanya dapat mengenali panggilan itu jika sifat yang sama ada dalam diri kita.

Panggilan Tuhan adalah ekspresi dari sifat Tuhan, bukan sifat kita. Tuhan mengerjakan panggilan-Nya melalui hidup kita, dan hanya kita yang dapat mendengarnya. Hal itu merupakan suara Tuhan yang ditujukan langsung kepada kita mengenai kehendak-Nya atas sesuatu hal tertentu, dan tidak ada gunanya untuk mencari pendapat orang lain tentang hal itu. Respon kita mengenai panggilan Tuhan semata-mata merupakan urusan pribadi kita sendiri dengan-Nya.

Panggilan Tuhan bukanlah suatu refleksi sifat saya. Hasrat dan watak pribadi saya (walaupun bagus) sama sekali tidak dapat menjadi pertimbangan. Selama saya masih memikirkan kelebihan atau kebolehan saya sendiri dan hanya memikirkan hal-hal yang sesuai dengan diri saya, maka saya takkan pernah mendengar panggilan Tuhan. Akan tetapi, ketika Tuhan membawa saya pada hubungan yang benar dengan Dia, saya akan berada dalam keadaan yang sama dengan Yesaya. Yesaya telah sedemikian terbiasa berhubungan menyatu (attuned) dengan Tuhan, sebagai akibat dari krisis besar yang baru saja dihadapinya, sehingga panggilan Tuhan menembus jiwanya.

Sebagian besar kita tidak dapat mendengar apa pun kecuali diri kita sendiri. Dan kita tidak dapat mendengar apapun yang dikatakan oleh Tuhan. Akan tetapi, untuk dapat dibawa ke tempat dimana kita dapat mendengar panggilan Tuhan berarti kita diubahkan secara mendalam.

 

Alkitab dalam setahun: Kejadian 39-40; Matius 11

mu160116

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s