“Penyerahan” Total Allah Kepada Kita – Maret 13

mu150313_penyerahan diri allah

 

Karena Allah begitu mengasihi dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan…” (Yohanes 3:16).

KESELAMATAN tidak semata-mata berarti pembebasan dari dosa, atau pengalaman kesucian pribadi. Keselamatan yang berasal dari Allah berarti sepenuhnya dibebaskan dari diri kita sendiri, dan ditempatkan ke dalam persatuan yang sempurna dengan Dia.

Bila saya berpikir tentang pengalaman keselamatan saya, saya berpikir tentang dilepaskan dari dosa dan memperoleh kesucian pribadi. Akan tetapi, keselamatan mempunyai makna yang lebih dari itu! Keselamatan itu berarti bahwa Roh Allah membawa saya ke dalam hubungan yang akrab dengan Pribadi Allah sendiri. Dan dalam hal saya berada dalam penyerahan kepada Allah, saya menjadi dipenuhi gelora sesuatu yang jauh lebih besar dari diri saya sendiri.

Apabila kita mengatakan bahwa kita dipanggil untuk memberitakan kesucian atau pengudusan berarti kita kehilangan makna atau point sesungguhnya. Kita dipanggil untuk memberitakan Yesus Kristus (lihat 1 Korintus 2:2). Fakta atau kenyataan bahwa Dia menyelamatkan kita dari dosa dan menjadikan kita kudus sesungguhnya merupakan akibat dan “penyerahan”-Nya yang total dan ajaib kepada kita.

Jika kita benar-benar menyerah, kita takkan pernah sadar akan usaha kita sendiri agar tetap dalam keadaan menyerah. Seluruh hidup kita akan dipenuhi sepenuhnya oleh Dia yang kepada-Nya kita menyerah.

Waspadalah, jangan berbicara tentang penyerahan jika kita tidak mengetahui apa-apa tentang hal itu. Malah sebenarnya, Anda takkan pernah mengetahui apa pun tentang hal itu sebelum Anda memahami Yohanes 3:16 bahwa Allah seutuhnya dan sepenuhnya menyerahkan diri-Nya kepada kita.

Dalam penyerahan kita, kita harus memberikan diri kita kepada Allah dengan cara yang sama seperti Dia memberikan diri-Nya kepada kita – total dan tanpa syarat. Konsekuensi dan situasi yang diakibatkan oleh penyerahan kita bahkan tidak pernah terlintas dalam pikiran kita, karena hidup kita akan dipenuhi oleh Dia.

 

Alkitab setahun: Ulangan 20-22; Markus 13:21-37

mu150313

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s