Apakah Saya Berpikiran Duniawi? – Maret 23

mu140324_keduniawian

 

 “Jika di antara kamu ada iri hati dan perselisihan bukankah hal itu menunjukkan bahwa kamu manusia duniawi...?” (1 Korintus 3.3).

MANUSIA lahiriah, atau orang yang belum beriman, tidak tahu apa-apa tentang seriusnya keduniawian. Keinginan daging berperang melawan Roh, dan Roh berperang melawan daging, yang mulai pada kelahiran baru, dan yang menghasilkan kesadaran akan hal itu. Akan tetapi Paulus mengatakan, “Hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging” (Galatia 5:16). Dengan kata lain, keduniawian akan lenyap.

Adakah Anda suka berselisih dan mudah tersinggung atas hal-hal sepele? Apakah Anda menyangka bahwa tidak seorang Kristen pun pernah (berperilaku) seperti itu? Paulus menyatakan bahwa ada orang-orang Kristen seperti itu, dan Paulus menghubungkan sikap ini dengan keduniawian.

Adakah kebenaran dalam Alkitab yang dengan segera menyentakkan Anda tentang roh kebencian atau dendam dalam diri Anda? Jika demikian, itu menjadi bukti bahwa Anda masih duniawi. Jika proses penyucian terus bekerja dalam hidup Anda, tidak akan ada jejak roh demikian tersisa.

Jika Roh Allah mendapati suatu yang salah dalam diri Anda, Dia tidak meminta Anda untuk mengatasinya; Dia hanya meminta Anda menerima terang kebenaran, dan kemudian Dia yang akan mengatasinya untuk Anda. Seorang anak terang akan mengaku dosanya dengan segera dan bersikap terbuka di hadapan Allah. Akan tetapi, anak kegelapan akan berkata, ‘Oh, aku dapat menjelaskannya”?

Bila terang itu bersinar dan Roh membawa Anda pada keyakinan akan dosa, jadilah seorang anak terang, akuilah perbuatan Anda yang salah, maka Allah akan menyelesaikannya. Namun, jika Anda mencoba membenarkan diri, maka Anda membuktikan diri sebagai anak kegelapan.

Apakah bukti bahwa keduniawian itu telah lenyap? Jangan sekali-kali menipu diri Anda sendiri. Apabila keduniawian itu lenyap, Anda akan mengetahuinya -–  hal itu merupakan hal yang paling real/nyata yang dapat Anda bayangkan. Dan Allah akan membuat sedemikian sehingga Anda akan mendapat sejumlah peluang untuk membuktikan kepada diri sendiri mukjizat anugerah-Nya.

Buktinya sangat praktis. Anda akan mendapati diri Anda berkata, “Jika ini terjadi sebelumnya, saya pasti telah memiliki roh kemarahan!” Dan Anda takkan pernah berhenti menjadi orang yang paling merasa kagum di bumi atas hal yang telah dikerjakan Allah dalam diri Anda.

 

Alkitab setahun: Josua 13-15; Lukas 1:57-80

mu160323

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s