Maksud Tujuan Kuasa Kebangkitan-Nya

 

mu160408_rohkudus_sifatkristus.jpg

 

Bukankah Mesias harus menderita semuanya itu untuk masuk ke dalam kemuliaan-Nya?” (Lukas 24:26).

SALIB Tuhan Yesus adalah pintu gerbang untuk memasuki kehidupan-Nya. Kebangkitan-Nya berarti Dia mempunyai kuasa untuk menyalurkan kehidupan-Nya kepada saya. Ketika saya dilahirkan kembali, saya menerima hidup kebangkitan Tuhan Yesus.

Kuasa kebangkitan Kristus — maksud yang telah ditentukan sebelumnya — adalah untuk membawa ”banyak orang kepada kemuliaan” (Ibrani 2:10). Penggenapan rencana-Nya memberi Dia hak untuk menjadikan anak-anak Allah. Kita tidak pernah mempunyai hubungan yang sama dengan Allah seperti yang dipunyai Anak Allah, tetapi kita dibawa oleh sang Anak ke dalam hubungan bapa dengan anak.

Ketika Tuhan kita bangkit dari antara orang mati, Dia bangkit menuju hidup yang sepenuhnya baru — hidup yang tidak pernah dijalani-Nya sebelum Dia menjadi Allah yang menjelma/berinkarnasi. Dia bangkit menuju kehidupan yang tidak pernah ada sebelumnya.

Dan makna kebangkitan-Nya bagi kita adalah bahwa kita dibangkitkan menuju hidup kebangkitan-Nya, bukan tetap dalam hidup kita yang lama. Suatu hari kelak kita akan memiliki tubuh seperti tubuh kemuliaan-Nya, tetapi sekarang ini kita dapat mengenal kuasa kebangkitan-Nya dan dapat hidup dalam hidup yang baru” (Roma 6:4). Tekad Paulus adalah “mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya” (Filipi 3:10).

Yesus berdoa, “Sama seperti Engkau telah memberikan kepada-Nya kuasa atas segala yang hidup, demikian pula Ia akan memberikan hidup yang kekal kepada semua yang telah Engkau berikan kepada-Nya” (Yohanes 17:2). Istilah Roh Kudus sebenarnya adalah nama lain bagi pengalaman hidup kekal yang bekerja di dalam umat manusia sekarang ini. Roh Kudus adalah keilahian Allah yang terus-menerus menerapkan kuasa penebusan Salib Kristus kepada hidup kita.

Syukur kepada Allah untuk kebenaran yang mulia bahwa Roh-Nya dapat membentuk sifat (nature) Yesus di dalam diri kita, jika kita mau mematuhi-Nya.

 

Alkitab setahun: 1 Samuel 10-12; Lukas 9:37-62

mu160408

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s