Lakukanlah Itu Sekarang Juga!

mu160630_kesucian_ketaatan.jpg

 

“Segeralah berdamai dengan lawanmu….” (Matius 5:25)

DALAM ayat ini, Yesus Kristus meletakkan sebuah prinsip yang sangat penting dengan mengatakan, “Lakukanlah hal yang kau tahu harus kau lakukan – sekarang juga. Lakukanlah segera. Jika tidak, suatu proses yang tidak terelakkan akan mulai terjadi sebelum engkau membayar utangmu sampai lunas (Matius 5:26) di dalam kesakitan, penderitaan dan kesukaran”.

Hukum Allah tidak berubah dan tidak seorang pun dapat meluputkan diri dari padanya. Ajaran-ajaran Yesus selalu menembus sampai ke hati kita.

Keinginan untuk memastikan bahwa musuh saya memberikan hak-hak saya adalah wajar. Akan tetapi, Yesus berkata bahwa merupakan hal teramat penting dan tak terelakkan bahwa saya memberikan kepada musuh saya yang wajib saya berikan kepadanya.

Dari  sudut pandang Tuhan tidaklah menjadi soal apakah saya ditipu atau tidak, tetapi yang penting ialah saya tidak menipu orang lain. Apakah saya berkeras untuk menuntut hak-hak saya sendiri ataukah saya melakukan kewajiban saya ditinjau dari sudut pandang Yesus Kristus?

Lakukanlah segera — hadapkan dirimu dengan kata nuranimu sekarang. Dalam urusan moral dan rohani, Anda harus bertindak dengan segera. Jika tidak, maka proses yang tidak terelakkan dan tak kenal ampun akan mulai berlangsung.

Allah bermaksud agar anak-Nya menjadi suci, bersih dan putih seperti salju, dan selama masih ada ketidak-taatan terhadap setiap titik ajaran-Nya, Dia akan membiarkan Roh-Nya menggunakan proses apa pun yang akan menuntun kita pada ketaatan.

Kenyataannya, bahwa kita ngotot untuk membuktikan bahwa kita benar dan ini hampir selalu merupakan petunjuk bahwa pada kita ada unsur ketidaktaatan (pada Tuhan). Tidaklah heran bila Roh Allah sedemikian kuatnya mendesak kita agar tetap tinggal di dalam terang-Nya. (lihat Yohanes 3:19-21).

Segeralah berdamai dengan lawanmu … ” Apabila dalam hubungan Anda dengan seseorang, tiba-tiba mendapati bahwa Anda mempunyai kemarahan di dalam hati Anda, akui dan bereskanlah hal itu secepatnya di hadapan Tuhan, berdamailah dengan orang tersebut — lakukanlah sekarang juga!

 

Alkitab setahun: Ayub 17-19; Kisah Rasul 10:1-23

mu160630

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s