Kuasa Yang Mengobarkan Panggilan Allah

mu140202

 

“Celakalah aku, jika aku tidak memberitakan Injil” (1 Korintus 9:16).

WASPADALAH terhadap penolakan untuk mendengar panggilan Allah. Setiap orang yang diselamatkan dipanggil untuk bersaksi mengenai fakta keselamatan yang dialaminya. Namun, kesaksian tentang keselamatan tidak sama dengan panggilan untuk berkhotbah, tetapi semata merupakan ilustrasi yang dapat digunakan dalam khotbah.

Dalam ayat ini, Paulus menunjuk pada rasa pedih yang dalam, yang timbul dalam dirinya oleh kuasa yang mengobarkan panggilan untuk memberitakan Injil. Jangan pernah mencoba menerapkan apa yang dikatakan Paulus dalam hubungan panggilan berkhotbah kepada jiwa-jiwa yang dipanggil kepada Allah untuk menerima keselamatan.

Tidak ada yang lebih mudah ketimbang diselamatkan, karena hal itu semata-mata merupakan karya kuasa Allah, seperti firman yang mengatakan: ”pandanglah kepada-Ku dan selamatlah ...” (Yesaya 45:22). Tuhan tidak pernah menetapkan syarat yang sama bagi pemuridan dengan syarat bagi keselamatan. Kita terbebas dari kutuk dan mendapat keselamatan hanya oleh Salib Kristus. Akan tetapi, pemuridan mengandung pilihan (opsi), seperti dikatakan: “Jikalau seorang ……“ (Lukas 14:26).

Ucapan Paulus berkenaan dengan hal kita menjadi hamba Yesus Kristus, dimana kita tidak pernah diminta persetujuan mengenai tindakan yang akan kita lakukan atau ke mana kita akan pergi. Allah menjadikan kita sebagai roti yang dipecah-pecahkan dan anggur yang dicurahkan untuk menyukakan-Nya. “Dikhususkan untuk memberitakan Injil” berarti mendengar panggilan Allah (Roma 1:1).

Dan seketika setelah seseorang mulai mendengar panggilan itu, maka penderitaan karena nama Kristus mulai berdatangan. Tiba-tiba, setiap ambisi, setiap hasrat hidup dan setiap pandangan disapu dan dipadamkan. Hanya satu hal yang tertinggal – “… dikhususkan untuk memberitakan Injil”. Celakalah jiwa yang mencoba menuju kearah lain sekali panggilan itu datang kepadanya.

Keberadaan Sekolah Alkitab (menunjuk pada Bible College dimana Oswald Chamber saat itu mengajar) bertujuan agar setiap orang dapat mengetahui apakah memang ia benar-benar peduli akan pemberitaan Injil Allah dan melihat apakah Allah “menangkap”nya untuk maksud ini.

Waspadalah terhadap suara panggilan-panggilan lain jika panggilan Allah ditujukan kepada Anda.

 

Alkitab setahun: Keluaran 29-30; Mateus 21:23-46

mu160202

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s