Kehormatan dan Kewajiban Rohani Seorang Kristen

tnt_jul15_utangpenebusanjesus.jpg

 

“Aku berutang baik kepada orang Yunani, maupun kepada bangsa-bangsa lain.” (Roma 1:14)

PAULUS dalam ayat diatas menyatakan bagaimana ia diliputi oleh rasa berhutang kepada Yesus Kristus dan dia menghabiskan masa hidupnya untuk menyatakan hal itu. Inspirasi terbesar dalam hidup Paulus adalah pandangannya tentang Yesus Kristus sebagai “spiritual creditor” – yang secara rohani memberikan segalanya baginya.

Apakah saya merasakan keberutangan yang sama kepada Kristus mengenai setiap jiwa yang belum diselamatkan?

Sebagai seorang percaya, kehormatan dan kewajiban hidup saya ialah memenuhi utang saya kepada Kristus sehubungan dengan jiwa-jiwa terhilang ini. Setiap aspek hidup saya yang berharga merupakan utang saya kepada penebusan Yesus Kristus.

Apakah saya telah memberikan diri saya sedemikian rupa sehingga Dia boleh menyatakan penebusan-Nya dalam hidup orang lain melalui saya? Saya hanya akan sanggup berbuat ini apabila Roh Allah mengerjakan di dalam saya kesadaran akan keberutangan ini.

Saya bukan pribadi yang hebat, yang superior di antara orang-orang — saya hanyalah seorang hamba Yesus Kristus. Paulus berkata, ”….. kamu bukan milik kamu sendiri… kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar … ” (1 Korintus 6:19-20). Paulus menyerahkan dirinya sepenuhnya kepada Yesus Kristus dan dia berkata, “Aku berutang kepada setiap orang di muka bumi karena Injil Yesus; aku merdeka agar aku boleh menjadi seorang hamba mutlak dari Dia.”

Itulah ciri kehidupan seorang Kristen ketika tingkat kehormatan dan kewajiban rohani ini menjadi nyata baginya. Berhentilah berdoa untuk diri Anda sendiri dan jalanilah hidup Anda demi orang lain sebagai hamba Yesus. Itulah makna sebenarnya dari keberadaan menjadi sebagai roti yang dipecahkan dan anggur yang dicurahkan dalam kehidupan nyata.

Catatan: kata “hamba” dalam renungan ini diterjemahkan dari kata bondservant, yang berarti, a person obligated to service without wages – Seseorang yang diharuskan melayani tanpa upah.

Alkitab setahun: Mazmur 13-15; Kisah Rasul 19: 21-41

mu150715

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s