Ilham Prakarsa Rohani

mu130216_ep5_14

 

“Bangkitlah dari antara orang mati..” (Efesus 5:14)

TIDAK semua prakarsa (inisiatif), kehendak untuk mengambil langkah pertama, diilhami oleh Allah. Seseorang mungkin berkata kepada Anda, “Bangunlah dan pergilah! Buanglah jauh-jauh keenggananmu — lakukan apa yang harus dilakukan!” Itu adalah prakarsa manusia biasa. Akan tetapi, bila Roh Allah datang kepada kita dan berkata, “Bangunlah dan pergilah,” tiba-tiba kita menyadari bahwa prakarsa itu diilhami oleh Allah.

Kita semua mempunyai banyak impian dan cita-cita ketika masih muda, tetapi segera atau lambat kita sadar bahwa kita tidak mempunyai kuasa untuk melaksanakannya. Kita tak dapat melakukan hal-hal yang sangat ingin kita lakukan, sehingga kita cenderung berpendapat bahwa impian dan cita-cita kita sudah mati. Akan tetapi, Allah datang dan berkata kepada kita, “Bangkitlah dari antara orang mati…”

Ketika Allah mengirimkan ilham-Nya, ilham itu mendatangi kita dengan kuasa yang sedemikian ajaib sehingga kita sanggup “bangkit dari antara orang mati” dan melakukan hal yang mutahil.

Yang luar biasa mengenai prakarsa rohani adalah bahwa hidup dan kuasa datang setelah kita bertindak “bangun dan pergilah”. Allah tidak memberikan kepada kita kehidupan yang mampu mengatasi segala sesuatu — Dia memberikan kepada kita kehidupan pada saat kita menjalaninya.

Bila ilham Allah datang dan Dia berkata, “Bangkitlah dari antara orang mati”, kita harus bangun sendiri. Allah tidak akan mengangkat kita. Tuhan kita berkata kepada orang yang mati sebelah tangannya, “Ulurkanlah tanganmu!” (Matius 12:13). Pada saat orang itu berbuat demikian, tangannya pun sembuh. Akan tetapi dia harus mengambil prakarsa.

Jika kita mengambil prakarsa untuk menang mengatasi sesuatu, maka kita akan mendapati bahwa kita mempunyai ilham Allah, karena Dia dengan seketika memberi kita kuasa kehidupan – power of life.

 

Alkitab setahun: Imamat 19-20; Mateus 27:51-66

mu160216

Advertisements

2 thoughts on “Ilham Prakarsa Rohani

  1. Amazing…… ! Hidup dan kuasa datang setelah kita bertindak. Sebuah prakarsa rohani, Allah turut bekerja didalamnya. Thanks God.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s