”Ia … Biasa Menderita”

mu140623

 

Ia … seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan.” (Yesaya 53:3)

KITA tidak ”biasa menderita” dengan cara yang serupa seperti Tuhan kita Yesus. Kita mungkin bisa bertahan dan meliwatinya, tetapi kita tidak menjadi akrab dengan penderitaan?

Pada awal kehidupan kristiani kita, kita tidak membawa diri kita ke titik berurusan dengan kenyataan dosa. Kita memandang kehidupan melalui kaca mata penalaran dan berkata, jika seseorang mengendalikan nalurinya, mempunyai pendidikan dan melatih dirinya, maka lambat-laun dia akan dapat menghasilkan kehidupan yang berkembang menjadi kehidupan dari Allah.

Akan tetapi, sementara kita terus menjalani kehidupan ini, kita mendapati kehadiran sesuatu yang belum kita perhitungkan, yaitu dosa — dan dosa itu merusak pemikiran dan perencanaan/pengambilan keputusan kita. Dosa telah membuat fondasi pemikian kita tidak dapat diperkirakan/diprediksi, tidak dapat dikendalikan dan irasional.

Kita harus menyadari bahwa dosa adalah fakta kehidupan, bukan hanya suatu kekurangan atau kelemahan. Dosa adalah pemberontakan terang-terangan melawan Allah, dan pilihannya salah satu, dosa harus mati atau, Allah mati dalam kehidupan saya.

Perjanjian Baru membawa kita langsung kepada persoalan ini: jika dosa memerintah di dalam saya, maka kehidupan Allah di dalam saya akan mati; jika Allah memerintah di dalam saya, dosa di dalam saya akan mati.

Tidak ada yang lebih mendasar daripada hal itu. Kulminasi atau puncak dosa ialah penyaliban Yesus Kristus, dan hal yang berlaku dalam sejarah Allah di bumi, juga berlaku dalam sejarah Anda dan sejarah saya — yaitu dosa akan mematikan kehidupan Allah di dalam kita. Kita harus secara mental membawa diri kita kedalam kenyataan hidup dengan fakta dosa ini.

Itulah penjelasan satu-satunya tentang alasan Yesus Kristus datang ke dunia, dan itulah penjelasan tentang kegetiran dan duka kehidupan ini.

 

Alkitab setahun:  Ester 9-10: Kisah Rasul 7:1-21

mu150623

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s