Hal Yang Membayangi Kelepasan Allah

mu130627_jer 1 8

“… Aku menyertai engkau untuk melepaskan engkau, demikianlah Firman Tuhan.” (Yeremia 1: 8).

ALLAH menjanjikan Yeremia bahwa Dia sendiri akan membebaskan dia – “…nyawamu akan menjadi jarahan bagimu … ” (Yeremia 39:18). Itulah semua yang dijanjikan Allah kepada anak-anak-Nya. Kemanapun Allah mengutus kita, Dia akan menjaga hidup kita.

Harta dan milik kita pribadi bukan merupakan hal yang paling penting dalam hidup, sehingga genggaman kita atasnya akan hal-hal ini harus bebas. Jika tidak demikian kita akan mengalami kepanikan, kegetiran dan kesedihan. Hal-hal tersebut dapat membayangi kelepasan (deliverance) pribadi kita dari Allah yang mengikuti hidup kita.

Khotbah di Bukit menunjukkan bila kita mendapat tugas untuk Yesus Kristus, tidak ada waktu untuk membela diri sendiri bila kita dikritik. Yesus sebenarnya berkata, “Jangan khawatir mengenai kemungkinan apakah kamu diperlakukan dengan adil atau tidak”.

Mencari keadilan sebenarnya sebuah tanda bahwa kita telah menyimpang dari pengabdian kita kepada-Nya. Jangan mencari keadilan di dunia ini, namun jangan berhenti untuk memberikan keadilan. Jika kita mencari keadilan, maka kita hanya akan mengeluh dan membiarkan diri larut dalam ketidakpuasan rasa iba-diri, dan berkata, ”Mengapa aku harus diperlakukan seperti ini?”

Jika kita mengabdi kepada Yesus Kristus, kita tidak ada urusan adil atau tidak adil dengan hal yang kita hadapi. Yesus seolah-olah berkata, “Lanjutkanlah terus melakukan apa yang saya katakan kepadamu untuk dilakukan, dan Aku akan menjaga hidupmu. Jika kamu berusaha menjaga dirimu sendiri, kamu menjauhkan dirimu dari kelepasan-Ku”

Bahkan orang yang paling saleh di antara kita menjadi ”ateistik” dalam urusan ini — kita tidak mempercayai Dia. Kita mendudukkan penalaran kita di singgasana dan kemudian menempelkan nama Allah di situ. Kita sering lebih bersandar pada pengertian kita sendiri, bukannya mempercayai Allah dengan segenap hati kita (lihat Amsal 3: 5-6).

 

Alkitab setahun: Ayub 8-10; Kisah Rasul 8:26-40

mu150627

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s