Hal Yang Harus Ditolak

 “ ….. kami menolak segala perbuatan tersembunyi yang memalukan…” (2 Korintus 4:2)

SUDAHKAH Anda “menolak segala perbuatan tersembunyi yang memalukan” dalam hidup Anda – hal-hal yang oleh karena alasan nama baik, kehormatan atau kebanggaan takkan dibiarkan terbuka bagi orang lain? Anda dapat dengan mudah menyembunyikannya.

Adakah sesuatu pikiran dalam hati Anda tentang seseorang yang tidak Anda inginkan dibukakan di tempat terang? Jika demikian, tolaklah itu begitu timbul dalam pikiran Anda – tolaklah semuanya sampai tidak ada lagi ketidak-jujuran atau kelicikan tersembunyi dalam diri Anda.

Dengki, cemburu, dan permusuhan tidak selalu timbul dari sifat dosa Anda yang lama, tetapi dari kebiasaan daging dalam hal-hal serupa dimasa lampau (lihat Roma 6:19 dan 1 Petrus 4:1-3). Anda harus mempertahankan kewaspadaan terus-menerus supaya tidak ada hal-hal yang memalukan timbul dalam kehidupan Anda.

“….tidak berlaku licik…” (2 Korintus 4:2). Ini berarti jangan melakukan sesuatu sekedar untuk menunjukkan pendapat atau kebolehan Anda. Ini adalah jebakan berbahaya. Anda tahu Allah hanya mengizinkan Anda bekerja menurut satu cara, yaitu cara kebenaran.

Kemudian berhati-hatilah agar jangan memenangkan orang dengan melalui cara lain yaitu dengan mengatakan yang tidak sebenarnya. Jika Anda bertindak demikian, kutuk Allah akan menimpa Anda. Hal yang merupakan “kepiawaian” bagi Anda, mungkin tidak demikian bagi orang lain. Allah telah memanggil Anda pada suatu tolak ukur yang lebih tinggi. Jangan memudarkan hasrat pengabdian terbaik Anda untuk kemuliaan-Nya – my utmost for His Highest. Bagi Anda, melakukan hal-hal lain sekalipun tampaknya bagus selain untuk maksud yang tertinggi dan terbaik, hanya akan memudarkan motivasi yang telah diberikan Allah kepada Anda.

Orang lain boleh berpaling karena mereka takut untuk memandang sesuatu dari sudut pandang (perspektif) Allah,  dan banyak yang demikian, tapi Anda jangan. Krisis rohani terbesar datang ketika seseorang harus bergerak lebih jauh dalam imannya daripada kepercayaan yang telah diterimanya.

 

Alkitab dalam setahun: Amsal: 22-24; 2 Korintus 8

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s