Gereja Yang (Secara Rohani) Mencari Kepentingan Sendiri

mu140712

 

“Sampai kita semua telah mencapai …….. tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus” (Efesus 4:13)

PENDAMAIAN berarti pemulihan hubungan antara seluruh umat manusia dengan Allah, mengembalikannya pada apa yang telah dirancang Allah. Inilah yang dilakukan Yesus Kristus dalam penebusan. Gereja akan berhenti menjadi rohani (spiritual) bila ia hanya “self-seeking” — hanya  mencari kepentingan sendiri, hanya berminat dalam perkembangan organisasinya.

Pendamaian umat manusia menurut rencana-Nya berarti menyadari dan mengalami Dia, bukan hanya dalam hidup kita secara perorangan, melainkan juga dalam hidup bersama kita. Yesus Kristus mengutus para rasul dan guru untuk maksud ini — agar persatuan Pribadi Kristus dan gereja-Nya, yang terdiri atas banyak anggota, dapat diwujudkan dan dinyatakan.

Kita tidak berada di sini untuk mengembangkan kehidupan rohani kita sendiri atau menikmati retreat rohani yang tenang. Kita berada di sini untuk mengalami pewujud-nyataan Yesus Kristus sepenuhnya, untuk maksud pembangunan Tubuh Kristus.

Apakah saya sedang membangun Tubuh Kristus, atau saya hanya peduli tentang pengembangan pribadi saya sendiri? Hal yang penting atau esensial ialah hubungan pribadi saya dengan Yesus Kristus — “Yang kukehendaki ialah mengenal Dia ..” (Filipi 3:10).

Untuk menggenapi rancangan yang sempurna Allah bagi saya dibutuhkan penyerahan diri sepenuhnya – penyerahan hasyrat atau self interest saya sepenuhnya kepada-Nya.

Apabila saya hanya menginginkan sesuatu bagi diri saya sendiri, maka hubungan itu (hubungan dengan Yesus), terganggu. Dan saya akan merasa sangat bodoh dan malu pada diri sendiri, begitu saya sampai pada pengakuan dan pemahaman bahwa saya belum sesungguhnya peduli tentang menyadari dan mengalami Yesus Kristus sendiri, melainkan hanya peduli akan pengetahuan tentang karya-Nya bagi saya.

Sasaranku ialah Allah sendiri, bukan sukacita atau damai sejahtera. Juga bukan berkat, melainkan Dia sendiri, Allahku.

Apakah saya mengukur hidup saya dengan tolok ukur ini atau kurang dari itu?

 

Alkitab setahun: Mazmur 4-6; Kisah Rasul 17: 16-34

mu160712

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s