Doa – Pertempuran di “Tempat Tersembunyi”

mu150823_doa_tersulit

 

“Jika engkau berdoa …, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi; Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu” (Matius 6: 6).

YESUS tidak berkata, “Mimpikanlah tentang Bapamu yang ada di tempat tersembunyi,” tetapi Dia berkata, “berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi.”

Doa adalah upaya yang lahir dari kemauan. Setelah kita memasuki tempat kita yang tersembunyi dan menutup pintu, hal yang tersulit untuk dilakukan ialah berdoa. Kita agaknya tidak dapat mengendalikan pikiran kita untuk berfungsi secara teratur, dan hal pertama yang harus kita perangi ialah pikiran yang mengembara. Pertempuran besar dalam doa pribadi ialah mengatasi masalah pemikiran yang sia-sia dan mengembara. Kita harus belajar mendisiplin pikiran dan kosentrasi kita pada doa yang penuh kemauan dan tekad.

Kita harus memilih tempat khusus untuk berdoa, tetapi sering kali pada saat kita tiba di sana, wabah pikiran mengembara ini mulai datang, dan mulailah datang berbagai hal dalam pikiran kita:“Ini perlu dilakukan; itu harus dilakukan, dll.”

Yesus berkata, “tutuplah pintu”. Keheningan yang tersembunyi di hadapan Allah berarti dengan sengaja menutup pintu emosi kita dan mengingat Dia. Allah berada dalam “tempat tersembunyi” dan Dia melihat kita dari “tempat tersembunyi” — Dia tidak melihat kita seperti orang lain melihat kita, atau seperti kita melihat diri kita sendiri. Bila kita benar-benar tinggal di “tempat tersembunyi”, maka mustahil bagi kita untuk meragukan Allah. Kita menjadi semakin yakin kepada-Nya daripada terhadap siapapun atau apapun.

Masuklah ke dalam “tempat tersembunyi” itu dan Anda akan mendapati Allah berada di tengah-tengah situasi keseharian Anda sepanjang waktu. Jadikanlah menjadi kebiasaan melibatkan Allah dalam segala sesuatu.

Jika Anda tidak belajar membuka pintu hidup Anda lebar-lebar dan mempersilakan Allah masuk sejak bangun Anda setiap pagi, maka Anda akan bekerja pada ”gelombang yang keliru” sepanjang hari. Namun jika Anda mau membentangkan pintu hidup Anda terbuka sepenuhnya dan “berdoa kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi” maka setiap hal kehidupan keseharian Anda akan ditandai dengan tanda hadirat Allah.

 

mu160823

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s