Disiplin Ketekunan dan Kegigihan Rohani

mu150222_ketekunan_kegigihan

 

“Diamlah dan ketahuilah, bahwa Akulah Allah!” (Mazmur 46:11)

KETEKUNAN atau kegigihan lebih daripada daya tahan (endurance). Ketekunan adalah daya tahan yang didukung oleh keyakinan penuh dan kepastian bahwa hal yang kita cari akan terwujud.

Ketekunan dan kegigihan lebih daripada sekadar menunggu,  yang boleh jadi hanya mengungkapkan ketakutan kita akan kehilangan pegangan dan jatuh.

Ketekunan adalah usaha yang sungguh seseorang bagi suatu penolakan untuk percaya bahwa ”pahlawan” kita akan kalah. Karena, ketakutan kita terbesar bukanlah bahwa kita akan mendapat celaan atau kutukan dari dunia, (karena Tuhan), melainkan bahwa entah bagaimana, kita takut Yesus Kristus akan “kalah”, dan bahwa hal-hal yang dilakukan oleh Tuhan kita – kasih, keadilan, pengampunan dan kebaikan ditengah-tengah dunia ini – takkan menang pada akhirnya dan menggambarkan bahwa sasaran kita (ikut dan melayani-Nya) tidak tercapai.

Tetapi, ada panggilan untuk ketekunan dan kegigihan spiritual. Sebuah panggilan, bukan untuk bertahan terus tanpa berbuat apa-apa, melainkan untuk bekerja dengan penuh ketetapan hati karena mengetahui dengan pasti bahwa Allah takkan pernah terkalahkan.

Jika harapan kita sepertinya mengalami kekecewaan sekarang ini, itu berarti bahwa harapan itu sedang dimurnikan. Setiap harapan atau impian manusia akan digenapi jika itu mulia dan berasal dari Allah.

Akan tetapi, salah stress terbesar dalam kehidupan adalah ketegangan (sstress) menantikan Allah. Hal itu menggenapi firman Tuhan, “karena engkau menuruti firman-Ku untuk tekun menantikan Aku...” (Wahyu 3:10).

Tetaplah dalam ketekunan dan kegigihan rohani Anda.

 

Alkitab setahun: Bilangan 4-6; Markus 4:1-20

mu160222

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s