Dipersatukan dengan Kristus atau Sekedar Tertarik (dengan Kristus?)

mu140321_kebutuhanrohani

 

Aku telah disalibkan dengan Kristus ….” (Galatia 2:19).

KEBUTUHAN rohani setiap kita yang tidak terelakkan adalah kebutuhan untuk menandatangani ”akte kematian” dari sifat dosa kita. Saya harus menundukkan pandangan emosional dan keyakinan intelektual saya serta dengan rela mengalihkan kedua hal itu menjadi keputusan moral melawan sifat dosa; yaitu, melawan tuntutan apa pun mengenai hak saya atas diri saya sendiri.

Paulus berkata, “Aku telah disalibkan dengan Kristus...”. Dia tidak berkata, ”Aku telah bertekad untuk meniru Yesus Kristus” atau ”Aku sungguh-sungguh akan berusaha mengikuti Dia”, melainkan dia berkata, ” ….aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya“.

Pada saat saya mencapai keputusan moral ini dan bertindak sesuai dengan hal itu, maka semua yang telah dikerjakan oleh Kristus untuk saya di atas salib, dikerjakan-Nya dalam saya. Komitmen penuh saya kepada Allah memberi peluang kepada Roh Kudus untuk memberikan kepada saya kesucian dari Yesus Kristus.

Apa yang dimaksudkan dengan, ” …… bukan lagi aku sendiri yang hidup…”, kepribadian saya tetap ada, tetapi motivasi utama saya untuk hidup dan sifat yang memerintah saya secara radikal, berubah. Saya masih mempunyai tubuh manusia yang sama, tetapi hak iblis yang lama atas diri saya telah dihancurkan.

Ketika apa yang Paulus maksudkan dengan, “Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging…”, bukan hidup yang saya rindu jalani/hidupi, atau yang saya harapkan saya jalani, melainkan hidup yang sekarang saya jalani/hidupi di dalam daging saya yang fana — hidup yang dapat dilihat orang lain, saya hidup oleh iman dalam Anak Allah.

Iman ini bukan iman Paulus sendiri dalam Yesus Kristus, melainkan iman dari Anak Allah yang telah diberikan kepadanya (lihat Efesus 2:8). Ini tidak lagi “suatu iman dalam iman” (a faith in faith), melainkan iman yang melampaui segala batas yang dapat dibayangkan — iman yang hanya datang dari Putra Allah.

 

Alkitab setahun: Josua 7-9; Lukas 1:21-38

mu150321

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s