Bagaimana Seseorang Melayani Bisa Begitu Bodoh

mu160129jpg

 

“Siapa Engkau Tuhan?” (Kisah 26:15)

Beginilah firman Tuhan kepadaku”, kata Yesaya, ”ketika tangan-Nya menguasai aku… (Yesaya 8:11). Firman Tuhan ini menyatakan, tidak ada tempat untuk melarikan diri bila Tuhan berbicara. Dia selalu datang dengan menggunakan otoritas-Nya dan menguasai pengertian kita.

Sudahkah suara Allah mendatangi Anda secara langsung? Jika sudah, Anda tidak akan dapat salah dengan suasana keakraban yang mengiringinya yang disampaikan kepada Anda. Karena Allah berbicara dengan bahasa yang paling Anda kenal — bukan melalui telinga Anda, melainkan melalui situasi yang Anda alami.

Allah harus menghancurkan kepercayaan kita terhadap keyakinan/pendirian kita sendiri. Kita berkata, “Aku tahu bahwa inilah yang harus kulakukan!” — lalu tiba-tiba Allah berbicara dalam cara yang membuat kita malu, dengan menyingkapkan betapa dalamnya kebodohan kita. Kita memperlihatkan kebodohan kita tentang Dia dalam cara kita membuat keputusan untuk melayani Dia. Kita melayani Yesus dengan roh yang bukan Roh-Nya, dan menyakiti Dia dengan penolakan kita akan Dia.  Kita memaksakan tuntutan-Nya dalam roh iblis; kata-kata kita terdengar baik, tetapi roh di balik kata-kata itu adalah roh seorang musuh.

Akan tetapi Ia berpaling dan menegor mereka” (Lukas 9:55), Yesus menegor murid-murid-Nya karena ada roh lain pada mereka. Tentang Roh Tuhan di dalam para pengikut-Nya tertulis dalam 1 Korintus 13.

Adakah saya telah menganiaya Yesus dengan tekad yang menggebu-gebu untuk melayani Dia menurut cara saya sendiri?

Jika saya merasa telah melakukan kewajiban saya, namun telah menyakiti Dia dalam cara saya melayani, saya dapat memastikan bahwa ini bukanlah tugas saya. Cara yang timbul dari diri saya tidak akan mengembangkan roh yang lemah lembut dan tenang, melainkan hanya roh kepuasan diri sendiri. Kita menyangka bahwa apa pun yang tidak menyenangkan adalah tugas/kewajiban kita.

Adakah seperti itu Roh Tuhan kita? “Aku suka melakukan kehendak-Mu, ya Allahku (Mazmur 40:9).

Itulah seharusnya roh pelayanan kita.

 

Alkitab setahun: Keluaran 21-22; Mateus 19

mu160129

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s