Amanat-Nya Kepada Kita

mu150303_hidup kristus dlm kita

 

Peliharalah domba-domba-Ku“(Yohanes 21:17).

INILAH kasih yang sedang dibentuk dalam kita. Kasih Allah tidak diciptakan — memang demikianlah sifat Allah. Bila kita menerima kehidupan Kristus melalui Roh Kudus, Dia mempersatukan kita dengan Allah sehingga kasih-Nya dinyatakan dalam diri kita.

Tujuan Roh Kudus berdiam di dalam kita bukan hanya untuk menyatukan kita dengan Allah, melainkan mengerjakan sedemikian rupa sehingga kita akan menjadi satu dengan Bapa seperti halnya Yesus dipersatukan dengan Bapa.

Jenis persatuan apakah yang terjalin antara Yesus dengan Bapa? Yesus mempunyai suatu kesatuan dengan Bapa sehingga Dia taat ketika Bapa mengutus-Nya ke bumi untuk ”dicurahkan” bagi kita. Dia berkata kepada kita, “Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu” (Yohanes 20:21).

Petrus sekarang menyadari bahwa dia memang mengasihi Dia, karena penyataan yang datang bersamaan dengan pertanyaan Tuhan yang menghujam dihatinya. Petunjuk Tuhan berikutnya adalah — “Curahkanlah dirimu. Jangan bersaksi tentang besarnya kasihmu kepada-Ku dan jangan berbicara tentang ajaibnya penyingkapan yang telah kauperoleh, tetapi ”Peliharalah domba-domba-Ku.’’

Yesus mempunyai domba yang keberadaannya beraneka-ragam dan aneh, beberapa tak terpelihara dan kotor, beberapa sulit dan keras, dan beberapa telah tersesat! Akan tetapi, mustahil bagi Allah kehabisan kasih, dan mustahil kasih saya untuk kehabisan jika kasih itu mengalir dari Roh Allah yang ada di dalam saya. Kasih Allah tidak mempedulikan prasangka saya yang ditimbulkan oleh individualitas lahiriah saya. Jika saya mengasihi Tuhan, saya tidak perlu dipimpin oleh emosi lahiriah saya — saya harus memelihara domba-domba-Nya. Kita tidak akan dbebaskan dari amanat-Nya kepada kita.

Waspadalah terhadap pemalsuan kasih Allah dengan bekerja berdasarkan emosi, simpati atau pengertian. Itu hanya akan menghinakan dan menyalah-gunaan kasih Allah yang sejati.

 

Alkitab setahun: Bilangan 28-30; Markus 8:22-38

mu160303

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s