Adakah Anda Menyadari Panggilan Anda?

 

 

mu150131_realitaspenebusan

 

 

….. dikhususkan untuk memberitakan Injil Allah” (Roma 1:1).

PANGGILAN kita terutama bukanlah menjadi orang-orang suci, melainkan untuk menjadi para pemberita, ”proklamator”  Injil Allah. Satu hal yang maha-penting adalah Injil Allah harus dikenal sebagai satu-satunya realitas yang tetap. Dan realitas tersebut bukanlah kebaikan manusia, atau kesucian, atau surga atau neraka, melainkan Penebusan.

Dan kebutuhan utama pekerja Kristen masa kini adalah menyadari hal ini. Sebagai pekerja, kita harus terbiasa dengan penyingkapan bahwa Penebusan adalah satu-satunya realitas. Kesucian pribadi adalah hasil dari penebusan, bukan penyebab (untuk mendapatkan) Penebusan. Jika kita menaruh iman pada kebaikan manusiawi dan mengejarnya, maka kita akan gagal bila ujian atau pencobaan datang.

Paulus tidak menyatakan bahwa dia mengkhususkan dirinya sendiri, tetapi “ketika Allah berkenan, Dia memilih aku…” demikian kata Paulus (Galatia 1:15, NKJV). Paulus tidak menaruh perhatian atas diri atau karakternya sendiri secara berlebihan.

Selama mata kita terpusat pada kesucian pribadi kita sendiri, maka kita takkan pernah sampai pada realitas sepenuhnya dari Penebusan. Para pekerja Kristen gagal karena mereka menaruh hasrat pada kesucian mereka sendiri diatas hasrat untuk mengenal Allah.

Mungkin ada yang berkata: “Jangan meminta saya untuk dihadapkan dengan realitas kokoh dari Penebusan ditengah kenyataan kecemaran hidup manusia; apa yang saya inginkan adalah apa yang dapat dilakukan Allah bagi saya agar saya menjadi semakin menarik dalam pandangan saya sendiri.”

Berbicara demikian merupakan tanda bahwa realitas Injil Allah belum menyentuh diri saya. Dalam hal seperti itu, tidak ada kerelaan memberikan diri sepenuhnya kepada Allah. Allah tidak dapat membebaskan saya selagi perhatian saya hanya tertuju pada diri atau karakter saya sendiri.

Paulus tidak melihat ke dalam dirinya sendiri. Dia sepenuhnya menyerahkan diri, dan dipisahkan oleh Allah untuk satu maksud: memberitakan Injil Allah (bd. Roma 9:3).

 

Alkitab setahun: Keluaran 25-26; Mateus 20:17-34

mu160131

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s