Pengenalan Akan Tuhan

mu130816_knowing god16 Agustus 2013

“Ia memanggil ….. masing-masing menurut namanya” (Yohanes 10:3)

PERNAHKAH saya secara menyedihkan salah mengerti Dia? (lihat Yohanes 20:11-18). Memang adalah mungkin mengenal semua doktrin/pengajaran dan masih tetap tidak mengenal Yesus. Jiwa seseorang ada dalam bahaya besar bila pengetahuan akan doktrin melampaui pengenalan akan Yesus.

Mengapa Maria saat itu menangis? Bagi Maria, doktrin bukanlah sesuatu yang penting daripada membuang kesempatan bersama dengan Yesus. Kenyataannya dihadapan Farisi Maria sepertinya hanya seorang bodoh secara pengajaran/doktrin, tetapi satu hal yang tidak dapat mereka tertawakan yaitu kenyataan bahwa Yesus telah mengusir tujuh roh jahat keluar dari wanita ini (Lukas 8:2); namun begitu, berkat-Nya tersebut tidak berarti bagi Maria bila dibandingkan dengan pengenalannya akan Yesus. “Sesudah berkata demikian ia menoleh ke belakang dan melihat Yesus berdiri di situ, tetapi ia tidak tahu bahwa itu adalah Yesus. Kata Yesus kepadanya, Maria! ‘‘ (Yohanes 20:14,16). Begitu Yesus menyebut namanya, Maria, segera tahu bahwa dia mempunyai sejarah pribadi dengan Tokoh itu. ”Maria berpaling dan berkata kepada-Nya dalam bahasa Ibrani, ‘Rabuni!” (Yohanes 20:16).

Pernahkah saya bimbang dan bimbang tentang Dia? (lihat Yohanes 20:24-29). Apakah saya sedang meragukan sesuatu tentang Yesus — mungkin tentang suatu kesaksian pengalaman orang lain, tetapi saya sendiri belum mengalaminya, seperti Thomas? Para murid lain berkata kepada Thomas, “Kami telah melihat Tuhan!” (Yohanes 20:25). Akan tetapi, Tomas bimbang dan berkata,”Sebelum aku melihat… sekali-kali aku tidak akan percaya” (Yohanes 2025) Tomas membutuhkan sentuhan pribadi Yesus. Dan ketika sentuhan itu tiba, “Tomas menjawab Dia: ‘Ya Tuhanku dan Allahku!” (Yohanes 20:28).

Pernahkah saya karena kepentingan diri menyangkal Dia? (lihat Yohanes 21:15-17). Petrus menyangkal Yesus Kristus dengan sumpah dan kutukan (lihat Matius 26:69-75); namun setelah kebangkitan-Nya Yesus memulihkan Petrus secara pribadi dan kemudian Dia memulihkannya di hadapan orang lain. Dan Petrus berkata kepada-Nya, “Tuhan, Engkau tahu bahwa aku mengasihi Engkau.” (Yohanes 21:17).

Apakah saya mempunyai sejarah pribadi dengan Yesus? Ada satu tanda pemuridan sejati yaitu kesatuan yang akrab dengan Dia – suatu pengetahuan dan pengenalan akan Yesus yang tidak sesuatupun dapat menggoyahkannya.

Alkitab setahun: Mazmur 94-96; Roma 15:14-33

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s